Sip, Brand Sepatu Bogor Tembus Pasar Ekspor Berkat Digitalisasi UMKM

- Selama pandemi COVID-19, banyak pengusaha, utamanya para pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) yang terpaksa menutup bisnisnya karena kesulitan memasarkan produk. Namun tak demikian saat usaha sudah terdigitalisasi, salah satunya memanfaatkan teknologi lewat e- commerce.

Sip, Brand Sepatu Bogor Tembus Pasar Ekspor Berkat Digitalisasi UMKM
Ilustrasi/Net

INILAH, Jakarta- Selama pandemi COVID-19, banyak pengusaha, utamanya para pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) yang terpaksa menutup bisnisnya karena kesulitan memasarkan produk. Namun tak demikian saat usaha sudah terdigitalisasi, salah satunya memanfaatkan teknologi lewat e- commerce.

Salah satu pengusaha UMKM yang mendulang cuan saat pandemi COVID-19 bahkan menembus pasar ekspor adalah Uda Irman asal Ciomas, Bogor, Jawa Barat lewat jenama produk sepatu wanita Pollenzo kreasinya.

Setelah melewati kegagalan berulang kali mencoba menjadi pengusaha dengan membuat kue dan membuka kafe, pada tahun pertengahan tahun 2000 Uda Irman yang pada saat itu menjadi karyawan toko sepatu, kian bertekad untuk memulai peruntungannya untuk menjadi pengusaha sepatu.

Baca Juga : Jalani Sidang Putusan, Bagaimana Nasib Rachmat Yasin?

Setelah mencari pengalaman, menggali info, dan mencoba eksperimen desain personalnya, ternyata mendapatkan antusiasme yang cukup baik dan hal itulah yang membekali keberanian Uda Irman untuk memulai bisnis.

Setelah mengumpulkan modal dan membuka usaha sendiri secara offline, memasuki tahun ke-6, bisnisnya tumbang karena menyadari masih minim pengetahuan dan strategi bisnis yang berkelanjutan.

Mulai digitalisasi dan pentingnya eksposur

Baca Juga : Tahun ini Pembangunan Dimulai, Total Kebutuhan RSUD Cogrek Capai Rp2 Triliun

Akhir tahun 2015 Uda Irman mulai merambah lagi bisnis sepatu ke dunia digital dengan modal seadanya. Ia yakin usahanya bisa berkembang semua itu berkat doa dan dukungan ibunya.

Halaman :


Editor : Bsafaat