Respon Inflasi dan Kenaikan Harga Beras, Pemprov Jabar Lakukan Gerakan Pangan Murah

Berdasarkan kompromi yang dilakukan bersama Tim Pengendali Inflasi Daerah di Ruang Rapat Papandayan, Gedung Sate, Senin 18 September. Pemerintah Provinsi Jawa Barat sepakat untuk melakukan Gelar Pangan Murah (GPM).

Respon Inflasi dan Kenaikan Harga Beras, Pemprov Jabar Lakukan Gerakan Pangan Murah

INILAHKORAN, Bandung - Berdasarkan kompromi yang dilakukan bersama Tim Pengendali Inflasi Daerah di Ruang Rapat Papandayan, Gedung Sate, Senin 18 September. Pemerintah Provinsi Jawa Barat sepakat untuk melakukan Gelar Pangan Murah (GPM).

Total GPM Provinsi Jabar sebanyak 32 kali dan kabupaten/kota 101 kali sepanjang September-Desember 2023, menyikapi inflasi dan dampak kekeringan pada saat ini.

Penjabat (Pj) Gubernur Jabar Bey Triadi Machmudin menuturkan, sejauh ini ketersediaan stok pangan beras masih relatif aman. Hanya saja, seiring dengan terjadinya inflasi year on year (YoY) di Jabar yang mencapai 3,47 persen, memaksa pihaknya untuk melakukan GPM agar tidak kian bergejolak.

Baca Juga : Rabu Lusa, Pemprov Jabar Lantik 6 Pj Wali Kota/Bupati

"Barusan kami melakukan terkait inflasi dan kenaikan harga beras. BI, BPS, Bulog, BMKG juga Pangdam III Siliwangi, Kajati Jabar, Wakapolda, Sekda dan OPD lainnya. Cadangan beras aman untuk Provinsi Jawa Barat dan juga untuk mengatasi kenaikan harga beras ini kami mengadakan operasi pasar dan juga gelar pangan murah," ujarnya usai rapat bersama TPID.

Dia menambahkan, GPM akan segera dilakukan di beberapa titik yang telah direncanakan, melanjutkan GPM sebelumnya pada Januari-Agustus lalu, sebanyak 57 kali.

"Sudah disiapkan anggaran. Sudah jadi concern kita, dari BTT. Ini untuk masalah beras," ucapnya.

Baca Juga : Atasi Kekeringan di Jabar, Pemprov Beri Bantuan 5,7 Juta Liter Air Bersih

Sementara Plh Sekda Jabar Setiawan Wangsaatmaja memaparkan, selama menunggu masuknya musim hujan. Pihaknya telah mengamankan ketersediaan beras bagi masyarakat, termasuk GPM guna mengantisipasi lonjakan inflasi.

Halaman :


Editor : JakaPermana

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita inliahkoran.id WhatsApp Channel : https://whatsapp.com/channel/0029VaGNP8EKrWR5pVfYAU1C
Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.