Kamu Percaya Mitos Melangkahi Orang Tidur?

BENARKAH ada larangan melangkahi tubuh seseorang? Sebagian orang mengatakan, Jangan melangkahi tubuh seseorang. itu sama dengan utang darah'.

Kamu Percaya Mitos Melangkahi Orang Tidur?
Ilustrasi/Net

BENARKAH ada larangan melangkahi tubuh seseorang? Sebagian orang mengatakan, Jangan melangkahi tubuh seseorang. itu sama dengan utang darah'.

Allahu alam, kami menyimpulkan, melangkahi badan orang yang sedang tidur, secara umum masuk pada ranah masalah adab. Ketika ini dinilai mengganggu orang yang tidur, jelas tidak selayaknya dilakukan. Karena semua tindakan menggangggu orang yang tidak bersalah, tidak dibolehkan.

Hanya saja, jika orang yang tidur itu mengganggu, karena dia tidur di tempat yang sering dilewati orang, maka tidak masalah jika tidak ada pilihan untuk lewat, selain harus melangkahinya.

Baca Juga : Cara Mendidik Anak Agar Hafizh Alquran

Dalam Fatwa Syaikh Dr. Abdullah Aljibrin. Beliau pernah ditanya mengenai hukum melangkahi orang yang sedang tidur di masjidil haram, terutama setelah subuh. Beliau menjelaskan,

"Tidak ada masalah melangkahi orang-orang yang tidur itu ketika dibutuhkan untuk melewati mereka. Jika memungkinkan untuk mencari celah diantara dua orang, agar tidak melangkahi orang yang tidur, itu lebih baik. Jika tidak memungkinkan cari celah, dan terpaksa melangkahi bagian kaki atau betisnya, itu lebih ringan. Jika tidak bisa, boleh melangkahi bagian kepala atau dada mereka, sebab ini salah mereka yang menghalangi jalan.

Mitos Melangkahi Tubuh Manusia yang Tidur?

Baca Juga : Saat Uwais Al Qarni Dilempari Anak-anak Kecil

Namanya mitos, tetap mitos.. bukan realita.. karena itu, meyakininya termasuk penyimpangan dalam masalah pemikiran. Ada beberapa keyakinan masyarakat dalam masalah ini, diantaranya melangkahi tubuh orang yang tidur sama dengan hutang darah. Padahal hutang darah sama dengan pembunuhan.

Halaman :


Editor : Bsafaat