Curug Tilu, Surga Tersembunyi di Ujung Barat Purwakarta

Kecamatan Sukasari, Kabupaten Purwakarta, menyimpan keindahan alam tersembunyi. Bahkan wilayah paling barat di kabupaten kecil kedua di Jabar itu digadang-gadang bakal menjadi tujuan wisata baru.

Curug Tilu, Surga Tersembunyi di Ujung Barat Purwakarta
Foto: INILAH/Asep Mulyana

INILAH, Purwakarta – Kecamatan Sukasari, Kabupaten Purwakarta, menyimpan keindahan alam tersembunyi. Bahkan wilayah paling barat di kabupaten kecil kedua di Jabar itu digadang-gadang bakal menjadi tujuan wisata baru.

Belum banyak yang tahu jika Kecamatan Sukasai memiliki potensi pariwisata cukup melimpah. Salah satunya, keberadaan beberapa curug (air terjun).

Bupati Purwakarta Anne Ratna Mustika mengakui, jika Kecamatan Sukasari memiliki keindahan tersendiri. Gunung-gunung yang menjulang tinggi, di tambah panorama alam yang masih asri di wilayah itu menjadi daya tarik.

“Panorama alam di sekitar Kecamatan Sukasari cukup eksotis. Ini perlu dikembangkan supaya bisa menjadi lokasi wisata unggulan di Purwakarta,” ujar Anne kepada INILAH, belum lama ini.

Di Kampung Gunung Buleud, Desa Ciririp, ada wisata air bernama Curug Tilu. Lokasi wisata ini resmi dibuka pada Maret 2017 lalu. Untuk menuju lokasi, tak sesulit yang dibayangkan. Air terjun yang kini mendapat julukan Grand Canyon-nya Purwakarta ini dapat diakses sekitar 30 menit dari pusat kota.

“Setiap bulannya, lebih dari 2.000 pengunjung yang datang ke lokasi. Makanya sangat potensial untuk lebih dikembangkan. Kita lengkapi sarana prasarananya,” jelas Anne.

Tahun ini, Anne menegaskan, pihaknya akan melakukan penataan di Curug TIlu, mulai penataan akses masuk ke lokasi Curug Tilu, penataan lingkungan, hingga penataan kios-kios khusus souvenir dan oleh-oleh khas Purwakarta.

Halaman :


Editor : DeryFG