Butuh Bantuan Air Bersih? Warga Purwakarta Diimbau Manfaatkan Call Center 112

Sejak beberapa tahun ini, Pemkab Purwakarta meluncurkan layanan call center khusus kedaruratan. Jika di Amerika ada 911, di wilayah ini ada 112 yang menjadi nomor khusus masyarakat yang memerlukan bantuan dari pemerintah.

Butuh Bantuan Air Bersih? Warga Purwakarta Diimbau Manfaatkan Call Center 112
Foto: Asep Mulyana

INILAH, Purwakarta – Sejak beberapa tahun ini, Pemkab Purwakarta meluncurkan layanan call center khusus kedaruratan. Jika di Amerika ada 911, di wilayah ini ada 112 yang menjadi nomor khusus masyarakat yang memerlukan bantuan dari pemerintah.

Layanan ini sengaja diluncurkan sebagai bagian dari ikhtiar dalam memberikan pelayanan prima kepada masyarakat. Dengan program ini, pelayanan kepada masyarakat menjadi lebih praktis.

Untuk teknisnya, masyarakat yang membutuhkan layanan darurat tinggal menghubungi nomor tersebut. Nanti, operator yang telah standby 24 jam non-stop itu akan langsung mengarahkan ke layanan yang diperlukan warga.

Semisal, jika masyarakat punya unek-unek soal pelayan pemerintah, warga bisa mengirimkan aduan. Atau melaporkan jika terjadi sesuatu di wilayahnya. Misalnya, jika terjadi kebakaran atau memerlukan layanan ambulan dan hal-hal yang bersifat darurat lainnya. Jadi, satu kode nomor ini terhubung dengan layanan darurat yang diperlukan masyarakat.

Di musim kering ini, Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) setempat yang dalam hal ini sebagai pengelola layanan tersebut, meminta supaya masyarakat memanfaatkan layanan call center ini. Apalagi, yang berhubungan dengan kekurangan air bersih.

“Jika terjadi kekurangan air, masyarakat bisa menghubungi call center 112. Nanti, petugas kami akan membantu mengordinasikan dengan pihak terkait untuk segera mengirim bantuan,” ujar Kepala Diskominfo Kabupaten Purwakarta Ida Hamidah kepada INILAH, Selasa (9/7/2019).

Ida menjelaskan, sejauh ini pihaknya belum menerima laporan terkait adanya wilayah yang mengalami kekurangan air bersih. Meski begitu, jajarannya akan bersiaga untuk turut memfasilitasi keluhan warga ini.

Halaman :


Editor : Doni Ramdhani