Saling Untung, Kenali Model Kerja Sama Pesan-Antar Makanan Online

Pemberlakuan komisi dalam sebuah skema kerja sama merupakan sesuatu yang normal termasuk dalam kemitraan para merchant dengan aplikasi layanan pesan-antar makanan.

Saling Untung, Kenali Model Kerja Sama Pesan-Antar Makanan Online
Ilustrasi (antara)

INILAH, Jakarta - Pemberlakuan komisi dalam sebuah skema kerja sama merupakan sesuatu yang normal termasuk dalam kemitraan para merchant dengan aplikasi layanan pesan-antar makanan.

Semua pemilik platform digital untuk layanan pesan-antar makanan juga memberlakukan sistem komisi. GrabFood menerapkan komisi yang cukup tinggi mencapai sebesar 30 persen sementara ShopeeFood sebagai pendatang baru menerapkan komisi sebesar 20 persen.

Begitu juga GoFood, sebagai pionir dan market leader di industri pesan-antar makanan secara daring, di mana mereka melakukan penyesuaian skema komisi kembali menjadi 20 persen dengan biaya transaksi Rp1.000 bagi mitra usaha yang baru bergabung sejak 5 Maret 2021. Penyesuaian tersebut menjawab aspirasi mitra usaha GoFood.

Baca Juga : Jelang Ramadan, Supermarket Giant Tawarkan Diskon Besar-besaran 

"Sebagai pengusaha kuliner, saya memiliki kemitraan dengan beberapa aplikasi, GoFood, GrabFood, dan ShopeFood, dan di masing-masing aplikasi ini berlaku sistem pembayaran komisi,” ucap pemilik Inari Kitchen, Andrew Wijaya dalam siaran pers, Selasa.

Menurut Andrew, penerapan komisi merupakan praktik yang wajar, tidak ada bedanya dengan biaya jasa yang dibayarkan oleh pemilik barang dagangan ke pemilik lapak konvensional untuk kemudian dibantu dijual kepada masyarakat umum.

"Apalagi di masa pandemi ini saya semakin mengandalkan platform online karena memberi kemudahan dalam menjangkau konsumen,” lanjut Andrew yang dikenal menjajakan kuliner ala Jepang di Inari Kitchennya itu.

Baca Juga : Gandeng Dwimas Sasongko, Samsung Galaxy Movie Produksi Film Pendek 'The Epic Movie'

Lebih dari itu, ia melihat komisi yang dibayarkan kepada pemilik platform sebagai biaya pemasaran yang mendukung akses ke pasar yang lebih luas. Selain itu juga disalurkan lewat subsidi saat mengikuti promo di aplikasi.

Halaman :


Editor : suroprapanca