Pelanggan Minta Tirta Pakuan Beri Informasi Gangguan Lebih Awal

Hasil survei kepuasan pelanggan Perusahaan Umum Daerah (Perumda) Tirta Pakuan Kota Bogor tahun 2020 yang dilakukan Sekolah Bisnis Institut Pertanian Bogor (SB IPB) menunjukkan secara umum pelanggan sudah merasa puas dengan kinerja pelayanan produk maupun jasa yang ditawarkan oleh Tirta Pakuan. Meski begitu masih ada beberapa rekomendasi yang diberikan dan yang utama diharapkan masyarakat adalah untuk pelayanan jasa terkait pemberitahuan informasi awal gangguan serta memberikan pelayanan new normal dimasa pandemi Covid-19.

Pelanggan Minta Tirta Pakuan Beri Informasi Gangguan Lebih Awal

INILAH, Bogor - Hasil survei kepuasan pelanggan Perusahaan Umum Daerah (Perumda) Tirta Pakuan Kota Bogor tahun 2020 yang dilakukan Sekolah Bisnis Institut Pertanian Bogor (SB IPB) menunjukkan secara umum pelanggan sudah merasa puas dengan kinerja pelayanan produk maupun jasa yang ditawarkan oleh Tirta Pakuan. Meski begitu masih ada beberapa rekomendasi yang diberikan dan yang utama diharapkan masyarakat adalah untuk pelayanan jasa terkait pemberitahuan informasi awal gangguan serta memberikan pelayanan new normal dimasa pandemi Covid-19.

Dalam pemaparan tim peneliti SB IPB yang dilakukan secara daring pada Jumat (18/12/2020) sore, hadir tim peneliti SB IPB Fitriyah Shalihati, Suhendi, M. Bachtiar dan Isma Anggareni. Sementara dari Perumda Tirta Pakuan Kota Bogor hadir Direktur Umum Rivelino Rizky Muhtar beserta jajaran tim manajemen. Acara dibuka langsung oleh Wakil Dekan Sumber Daya, Kerjasama dan Pengembangan SB IPB, Nimmi Zulbairnarni.

Fitriyah Shalihati mengatakan, Perumda Tirta Pakuan Kota Bogor merupakan Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) milik Pemkot Bogor yang bergerak di bidang pelayanan air bersih bagi masyarakat Kota Bogor. Sehingga evaluasi penting untuk dilakukan oleh Perumda Tirta Pakuan untuk meningkatkan perbaikan kinerja.

"Untuk senantiasa dapat meningkatkan kinerja produk dan layanannya, maka Perumda Tirta Pakuan melakukan Survei Kepuasan Pelanggan atau Customer Satisfaction Survey (CSS) setiap tahunnya. Kepuasan pelanggan yang tinggi akan meningkatkan performa positif bagi Perumda Tirta Pakuan dan loyalitas bagi pelanggan," ungkap Fitriyah melalui keterangan tertulis pada Minggu (20/12/2020) siang.

Lebih lanjut kata Fitriyah, survei kepuasan pelanggan Perumda Tirta Pakuan Kota Bogor tahun ini secara umum dimaksudkan untuk mendapatkan dasar bahan pertimbangan dan acuan dalam perencanaan dan pengambilan keputusan yang bertujuan untuk meningkatkan kepuasan pelanggan.

"Evaluasi dan masukan dari pelanggan diharapkan dapat memberikan gambaran akan kebutuhan masyarakat Kota Bogor terhadap pelayanan Perumda Tirta Pakuan Kota Bogor. Adapun tujuan dari kegiatan survei kepuasan pelanggan yang dilaksanakan pada 2020 ini, adalah pertama, profiling atau identifikasi karakteristik dan perilaku pelanggan Perumda Tirta Pakuan. Kedua, mengetahui penilaian pelanggan atas kinerja pelayanan produk Perumda Tirta Pakuan pada tahun 2020," tuturnya.

Baca Juga : Uu Tinjau Pelaksanaan Prokes Covid-19 di Pilkades Kabupaten Bogor

Masih kata Fitriyah, ketiga, mengetahui penilaian pelanggan atas kinerja pelayanan jasa Perumda Tirta Pakuan pada 2020, dan keempat memberikan masukan dan rekomendasi untuk meningkatkan kinerja pelayanan Perumda Tirta Pakuan pada era new normal sehingga tingkat kepuasan pelanggan bertambah tinggi.

Halaman :


Editor : Ghiok Riswoto