Sosialisasikan UU Keolahragaan, Dede Yusuf Singgung Tragedi Liga 1 2022/2023

Wakil Ketua Komisi X DPR Dede Yusuf menyosialisasikan UU tentang Keolahragaan. Dia pun menyinggung tragedi Liga 1 2022/2023 di Stadion Kanjuruhan.

Sosialisasikan UU Keolahragaan, Dede Yusuf Singgung Tragedi Liga 1 2022/2023
Dede Yusuf mengatakan, terdapat perubahan yang signifikan dalam UU Keolahragaan yang belum diketahui publik. Termasuk, pasal yang menjamin perlindungan keamanan dan peran suporter dalam industri olahraga agar tragedi Liga 1 2022/2023 tidak terulang kembali. (muhammad ginanjar)

INILAHKORAN, Bandung - Wakil Ketua Komisi X DPR Dede Yusuf menyosialisasikan UU tentang Keolahragaan. Dia pun menyinggung tragedi Liga 1 2022/2023 di Stadion Kanjuruhan.

Dede Yusuf mengatakan, terdapat perubahan yang signifikan dalam UU Keolahragaan yang belum diketahui publik. Termasuk, pasal yang menjamin perlindungan keamanan dan peran suporter dalam industri olahraga agar tragedi Liga 1 2022/2023 tidak terulang kembali.

Terkait tragedi Liga 1 2022/2023 saat masih bergulir, Dede Yusuf menuturkan jika UU Keolahragaan dijalankan kemungkinan peristiwa yang menewaskan ratusan orang itu tidak akan terjadi. 

Baca Juga : Kalem... Persib Tak Potong Gaji Pemain Meski Liga 1 2022/2023 Ditunda

"Peristiwa yang mengakibatkan bencana kemanusiaan itu tidak akan terjadi jika UU Keolahragaan ini dilaksanakan oleh operator. Karena di situ ada peran penyelenggara, peran klub, peran cabang olahraga PSSI dalam hal ini semua ada. Artinya, keengganan atau kemalasan dalam membaca UU ini mengakibatkan adanya tragedi Liga 1 2022/2023 di Kanjuruhan. Makanya, kami minta segera buat SOP penyelenggaraan sepak bola mengacu pada UU ini," tutur Dede Yusuf di Bandung, belum lama ini.

Dia menjelaskan, UU Keolahragaan ini mengatur terkait olahraga secara menyeluruh. Mulai dari sistem, pendidikan, pembinaan, peran masyarakat industri sport science semua ada. 

"Namun, kenyataannya pemerintah pusat dan daerah masih belum paham tentang UU Keolahragaan yang baru ini. Dan realitanya, sebagaimana diketahui, katanya PSSI tidak tahu kalau ada UU baru. Ini kan menandakan ada sosialisasi yang tidak baik," ujar Dede Yusuf.

Baca Juga : Soal KLB PSSI, Umuh Muchtar Anggap Lebih Cepat Lebih Baik

Untuk itu, Dede Yusuf meminta jika liga di Indonesia kembali digulirkan agar bisa mengacu pada UU Nomor 11 Tahun 2022 tentang Keolahragaan. 

Halaman :


Editor : Doni Ramdhani